Ikhtiar yang ke dua – Part 2 (H6-H11)

Silahkan baca ini dulu

H6 – Sabtu, 2 Januari 2016

Dokternya memberikan dua pilihan tempat untuk bertemu pagi di RSUK Kembangan atau di RS Brawijaya, saya dan suami memilih waktu pagi karena lebih cepat lebih baik. Akihrnya kita janjian jam 10 di RSUK Kembangan. Setelah daftar dengan membayar 30ribu dan antri beberapa orang akhirnya saatnya cek folikel. Dan ternyata untuk H6, ukuran folikel saya masih kurang dan hanya ada 2 yang berkembang lumayan, jadi diputuskan untuk menaikkan dosis suntikan menjadi 150 iu. Selain itu saya juga diresepkan untuk sildenafil 25mg 4xsehari/ 50 mg 2xsehari untuk diminum mulai H8. Dan disuruh kembali datang lagi dua hari kemudian, jadi memang perkembangan folikel/sel telur saya dicek setiap 2 hari sekali, dan kembali untuk hari Senin (H8) janjian dengan dokter di RS Brawijaya karena untuk hari Senin praktek paginya di situ. Untuk di RSUK Kembangan, lumayan hemat sekali datang ke sana hanya 100rbu untuk USG Transvaginal saja, karena memang obat-obatan saya beli di luar RS.

Pulang dari dokter kita langsung berburu kembali suntikan Gonal F dan obat yang diresepkan. Sildenafil langsung dapat di Apotik Rini, habis itu kita isi perut dulu sambil merencanakan cari di mana si Gonal-F ini. Saat ini persediaan kami hanya satu ampul untuk hari ini, padahal kan hari ini harus suntik 2 ampul yg 75 iu, kelabakan lah kami, karena obat ini harus pesan sehari sebelumnya kalau di Apotik Rini ataupun di Apotik Pusphita (Apotiknya Mba Rina kakaknya teman saya). Karena hari ini adalah hari Sabtu maka kalaupun pesan obat itu baru bisa datang hari Senin, akhirnya saya memutar otak di mana harus cari Gonal-F, yang pasti di rumah sakit yang menyelenggarakan promil/insem/bayi tabung, dan yang terdekat dipikiran saya adalah Pasar Pramuka (tapi ini gak recommended sih ini) atau RSCM Kencana, tapi seingat saya tidak menerima resep dari luar tapi di coba dulu. Saya membutuhkan 3 ampul Gonal-F untuk hari Sabtu dan Minggu saja sebenarnya, coba ke RSCM Kencana, dan memang benar langsung ditolak karena tidak menerima resep dari luar, selanjutnya saya ingat RS Bunda di Menteng, sampai disana apotiknya bisa bantu dan disuruh ke Klinik IVF Morula yang tidak jauh dari RS Bunda untuk berbicara langsung dengan orang apotik di sana, akhirnya saya jelaskan bahwa saya butuh 3 ampul Gonal-F, karena di RS kami lagi kehabisan stok dan obat ini tidak dijual disembarang apotik hanya RS tertentu saja, dan Alhamdulillah petugas apotiknya memberikan dan saya cek harganya juga masih 600an.

Karena saya tiap sore harus suntik, maka selama itu saya tinggal di rumah mertua karena adik ipar saya tinggal bareng ibunya ataupun teman saya yang bidan rumahnya dekat dengan rumah mertua jadi tinggal pilih mau suntik dengan siapa. Selama itu saya insiatif makan putih telur ayam 6 buah setiap hari karena baca-baca di blog orang untuk menghindari OHSS (Ovarian Hyperstimulation Syndrome) karena suntikan2 obat Gonal-F itu, gak  selalu 6 sih, kadang 4, kadang 6, suka lupa-lupa ingat, hehe..

H8- Senin, 4 Januari 2016

Kembali ke RS Brawijaya untuk cek folikel lagi, cukup bagus ukurannya dan memang hanya berkembang 2 folikel (telur) yang sesuai dan dua-duanya di sebelah kiri, di sebalah kanan saya tidak ada yang berkembang dengan baik folikelnya L. Dan ternyata ketebalan dinding Rahim saya menipis, akihrnya diresepkan Progynova 10 buah untuk diminum selama 5 hari. Selain itu saya diresepkan untuk cari Pregnyl 1500iu untuk pertemuan selanjutnya kalau memang cukup ukurannya akan dilakukan suntik pemecah telur ini. Dan untuk Gonal-F tetap diteruskan 2 ampul setiap hari.

H10-Rabu, 6 Januari 2016

Kembali ke RSUK Kembangan lagi untuk cek cek terus, Alhamdulillah dua telur yang kemarin sudah berkembang dengan baik, duanya sudah berukuran 1.86 dan 1.89 cm, ketebalan dinding rahim saya juga sudah bagus, disarankan untuk sekali lagi suntik Gonal-F untuk hari ini, dan cek lagi besok suapya agak lebih besar lagi telurnya. Sebenarnya ukuran folikel di atas 1.8 cm sudah cukup untuk dipecahkan kalau menurut teori, dan dokternya untuk besok dibawa suntikan Pregnylnya (Alhamdulillah ini sudah dapat di Apotik Rini). Diresepin cygest juga 200mg 2 x sehari (pagi dan malam), disuruh beli 10 dulu nantinya setelah insem harus dipake setiap hari sampai waktu 2 minggu menunggu hasil.

H11- Kamis, 7 Januari 2016

Kembali ke RSUK Kembangan lagi, dua telurku sudah siap untuk dipecahkan ukurannya 2.01cm dan 1.94cm, disuntikkan Pregnyl maka dalam 36 jam ke depan telur-telur tadi bisa pecah dan berarti insem dapat dilakukan besok harinya, akhirnya dokternya bikin janji di RS Brawijaya untuk tindakan insem besok sore jam 4. Malamnya saya pastikan lagi telp ke RS Brawijaya bahwa saya sudah terdaftar, dan sekalian tanya biayanya katanya sekitar 7-8 jutaan. Untuk Progynova di stop untuk hari ini.

7 Jan - 2 sel telur

2 folikel ku

H12- Jum’at, 8 Januari 2016

Hari ini suamiku cuti, untuk mempersiapkan proses insem ini, oh iya kemarin juga selama kontrok ke dokter suami izin datang telat terus ke kantor karena harus nemenin ke dokter dulu, Alhamdulillah bosnya mengerti. Pagi-pagi dokternya menelpon suami untuk sedekah pagi ini kasih makan orang miskin katanya (makasih ya dok udah ngingatin), Alhamdulillah kebetulan sudah titip sama mama di Pontianak untuk sedekah pagi ini, mudah-mudahan berkah nih insem dilakukan hari Jum’at, Amiiiin.. Mama juga menyarankan untuk sedekah setiap hari Jum’at selama proses insem ini, dimulai dri Jum’at lalu. Oh iya pagi ini juga saya disuruh dimasukin obat Cygestnya lewat dubur, ternyata saya tanya adik saya yang dokter lewat dubur itu supaya lebih cepat meresapnya.

Sebelum Jum’atan kita udah tiba di RS Brawijaya, daftar ulang dan disuruh deposit 5 juta. Suami sholat Jum’at dan jam 1 akan diambil spermanya. DIkasih ruangan khusus gitu dan setelah itu kita putuskan masih ada beberapa jam untuk cari makan di luar RS (, yang nantinya sebelum jam 4 sudah harus di RS kembali. Setelah kembali ke RS, sholat ashar dulu, jam 4 teng pun masuk ke kamar tindakan, suami boleh masuk, kalau kemarin insem pertama suami tidak boleh masuk. Sekitar 20 menitanlah prosesnya dan itu sakiiiiiit bagian Rahim serasa dioobok-obok gimana gtu, sakit mulas, dan saya cukup tegang disitu, beberapa kali disuruh rileks pantat saya oleh susternya dan terus sambil berdoa, yang saya bisa, berzikir. Setelah selesai disuruh baring dengan posisi tempat tidur bagian bawah ditinggin selama sejaman. Selanjutnya hanya diresepin cygest 200 mg sehari langsung 2 atau cygest 400 mg sehari sekali kali ini di vagina kayak yang pertama waktu H6. Dua minggu dari proses insem ini yaitu tgl 22 Jan yang berate H26 saya disuruh tes beta hcg untuk tahu saya hamil atau tidak.

Sebelum insem saya sudah mengontak seluruh keluarga besar saya dan suami untuk mendoakan prosem insem kedua kami, sampai saya telp nenek saya juga untuk minta ngajiin, hehe..Mudah-mudahan insem ke dua ini diberikan hasil yang terbaik bagi saya dan suami.

Pulang dari RS langsung ke rumah makan dan langsung istirahat, dan langsung pindah ke kamar bawah (kamar mama) karena kamar kami di lantai dua dan selama 2 minggu saya harus bedrest (ini yang nyuruh suami dan mama kalau kata dokter sih 3 hari juga udah cukup), jalan hanya untuk ke wc dan sholat. Bismillah my two-week-wait dimulai.

Untuk total biaya yang sudah dikeluarkan adalah sekitar 18,5 juta biaya yang cukup wow dibanding insem pertama saya yang cuman sekitar 7-8jutaan, tapi memnag mahal di obat-obatan, untuk RS Brawijaya sendiri tarifnya lebih mahal sekitar 20-25% dari RSCM Kencana tempat insem pertama.

To be continued.. (oh iya yang mau rincinan biaya insem saya kali ini bisa saya kirimkan lewat email kalau mau).

One thought on “Ikhtiar yang ke dua – Part 2 (H6-H11)

  1. Lia says:

    Hi mom, salam kenal aku Lia. Sama aku juga sedang jalanin promil. Inseminasi juga. Liat thread ini jadi penasaran. Gimana dengan hasil inseminasinya? Boleh share? Semoga berhasil ya
    Skg juga sedang H2C tunggu hasilnya gimana.
    Thank you

Leave a Reply

