Review Movie : Perempuan Berkalung Sorban

pbs-2Sebuah film oleh Hanung Bramantyo diangkat dari Novel karya Abidah Al Khalieqy bercerita based tentang perjuangan seorang perempuan (Revalina S Temat) yang ingin “bebas” dari dunia yang membelenggunya. Mengambil setting di daerah Yogyakarta dengan latar dunia pesantren dan menceriterakan tentang anak perempuan dari si empunya pesantren.

Banyak sekali pro dan kontra mengenai film ini karena membuat citra Islam khususnya pesantren menjadi buruk dan dengar-dengar film ini akan ditarik dari pasaran. Memang tidak semua adegan atau perkataan film ini benar dalam konteks Islam tetapi janganlah kita hanya melihat dari sebelah bagian saja tetapi lihatlah dari dua sisinya.. Bagi saya sendiri film ini sangat bermakna dan menyentuh hati saya terlepas dari hal2 yang menyebabkan kontra tadi juga banyak sekali hikmah bisa kita ambil.Bagaimana perjuangan seorang wanita Islam, film ini juga menjawab mengapa wanita sangat dilindungi dalam Islam dan juga menonjolkan sisi pria dalam Islam.

Mungkin film ini sengaja dibuat untuk menimbulkan pro dan kontra agar muncul sebuah open discussion mengenai seharusnya perempuan dalam Islam. Agar penonton tahu bagaimana dalil Al-Qur’an yang sebenarnya agar tidak rancu dan bingung atau mungkin agar penonton setelah menonton film ini mencari tahu sendiri bagaimana perempuan dalam Islam seharusnya. Saya sendiri yang adalah pemula dalam mempelajari Islam mungkin sedikit kaget dengan ceritera film ini karena pada mulanya sudah menampilkan tentang sempitnya wanita Islam tetapi sampai film selesai barulah saya mengerti dan membuat saya menjadi ingin tahu tentang wanita Islam sebenarnya. Bagi saya ini adalah  sebuah keberanian dalam mengangkat cerita ini dalam sebuah karya film.

Penasaran dengan film ini? Segera kunjungi bioskop kesayangan anda dan nikmatilah sebuah persembahan anak bangsa untuk negerinya yang sedang sakit.

Kesempuranaan hanyalah milik Allah dan kesalahan adalah milik kita sendiri yaitu manusia.

7 thoughts on “Review Movie : Perempuan Berkalung Sorban

  1. Tongkonan says:

    Kontroversi yang terjadi mengenai film ini saya rasa memang keinginan dari sipembuat filmnya. Karena semakin kontroversial maka akan semakin banyak orang yang penasaran ingin menontonnya. Dan kalau sudah begitu, pundi2 rupiah sang pembuat film tersebut akan semakin bertambah.

    kalau saya sih terus terang malas nonton film2 kayak gini.🙂

  2. Darma says:

    bukan masalah benar atau salah, tpi bagai mana kita merosponnya. Manusia sering mengatas namakan kebenaan, padahal sebenarnya atas nama ego pribadinya. Manusia hanya memiliki pembenaran bukan kebenaran. yang punya hakikat kebenaran hanya Yang Maha Kuasa.

  3. Fahmi says:

    gk tau knapa tmenku (cew) ngebet banget ngerekomendasiin ni film.. pdhal dari judulnya ja aneh.. ak pikir ni film bakal sama kaya film2 misteri kaya ‘telungkup dalam kubur’ ,’adzab sang penjudi’ or somethin like that..

    btw,,km pemula dalam mempelajari Islam..? maksudna..?

  4. Vidya cHaNtiQue says:

    @Fahmi
    Hmm..saya seorang Muslim.. tapi ya gitu deh pengetahuan Islam saya lumayan minim, jadi dengan film ini saya jadi tertarik untuk mempelajari Islam lebih dalam, untukmencari tahu kebenaran dari film ini..
    gitu loh mas..

    Yah mungkin memang cewek2 sangat tersentuh klo nonton film ini kali yah??
    hehe.. bukan film meisteri koq mas.. tapi tentang perlawanan perempuan..
    Met nonton yah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s